Home > At Tarikh > Makkah dan Madinah Pusat Sejarah Islam

Makkah dan Madinah Pusat Sejarah Islam

Mekkah dan Madinah merupakan pusat sejarah Islam dunia. Dua daerah ini berada di Arab Saudi. Selain itu, dua daerah ini menjadi titik awal maupun pusat dari perkembangan Islam sampai dengan masa sekarang.

Nabi Muhammad saw. dilahirkan di Mekkah. Ia adalah seorang anak yatim piatuI. a tinggal maupun hidup bersama pamannya, Abu Thalib. Ketika usia Nabi Muhammad SAW menginjak dua puluhan, ia menikah dengan Khadijah. Ia pun mulai menyebarkan agama Islam di Mekkah, tetapi masih dilakukan secara tertutup.

Ketika Nabi Muhammad SAW berumur empat puluhan, ia didatangi oleh Malaikat Jibril untuk menerima wahyu dari Allah SWT. Selanjutnya, ia pun mulai menyebarkan agama Islam secara terbuka kepada masyarakat Mekkah. Namun, pada awalnya masyarakat Mekkah menolak Islam dan Nabi Muhammad saw. hijrah ke Madinah.

Di Madinah ajaran Islam dapat berkembang dengan baik. Setelah hijrah ke Madinah, Nabi Muhammad SAW kembali lagi ke Mekkah untuk terus berusaha mengembangkan agama Islam. Pada akhirnya Islam dapat berkembang baik di Mekkah.

Ajaran Islam bukan hanya berkembang di Mekkah maupun Madinah. Perkembangan yang cukup bagus di daerah Mekkah dan Madinah, membuat ajaran Islam mulai merambah ke beberapa daerah di pelosok dunia. Adapun daerah-daerah tersebut terhampar mulai dari benua Afrika sampai dengan benua Australia.

Mekkah

Mekkah atau Makkah Al-Mukarramah merupakan kota utama di Arab Saudi. Mekkah, sebuah kota yang menjadi titik awal adanya ajaran Islam di muka bumi ini.

Perkembangan kota ini tidak terlepas dari keberadaan beberapa nabi yang lahir maupun tinggal di sini. Adapun nabi tersebut seperti Nabi Ibrahim, Nabi Ismail, maupun Nabi Muhammad SAW sebagai nabi penutup. Nabi Muhammad SAW lahir di kota ini. Di kota ini pula, Nabi Muhammad pertama kali memperoleh wahyu dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril.

Selain itu, di Mekkah juga tinggal beberapa kaum seperti kaum Jurhum. Selanjutnya tinggal pula suku Quraisy. Suku Quraisy merupakan suku utama yang tinggal di daerah Jazirah Arab. Mereka juga terkenal dalam bidang perdagangan, sehingga aktivitas perdagangan mereka dikenal hingga Damaskus, Palestina, maupun Afrika.

Setelah Nabi Muhammad SAW meninggal dunia, Mekkah secara administrasi di bawah Khulafaur Rasyidin. Pada saat itu, pemerintahan dari Khulafaur Rasyidin berpusat di Madinah. Setelah masa khalifah hancur, maka kota ini disatukan pemerintahan Arab Saudi yang dipimpin oleh Aziz Bin Saud.

Kota Mekkah merupakan tujuan utama kaum muslimin dalam menunaikan ibadah haji. Di kota inilah terdapat bangunan utama yang dikenal dengan nama Masjidil Haram dan di dalamnya terdapat Ka’bah.

Ka’bah digunakan sebagai patokan utama arah kiblat untuk ibadah shalat bagi seluruh umat Islam di dunia. Selain itu, Mekkah juga sebagai kota suci karena kota ini merupakan tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Mekkah adalah salah satu pusat agama Islam. Kota ini memiliki berbagai pusat pendidikan maupun pengajaran tentang agama Islam. Sampai saat ini, di Mekkah terdapat hampir lima ratus lebih sekolah umum dan enam ratus lebih sekolah swasta.

Madinah

Madinah adalah tempat yang banyak didatangi orang islam. Kota ini adalah kota suci kedua setelah Mekkah. Di kota ini terdapat Masjid Nabawi. Masjid ini digunakan sebagai pusat tempat dakwah Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan agama Islam. Dari kota inilah, Islam menyebar ke seluruh dunia.

Dahulu Madinah bernama Yathsrib dan berganti nama menjadi Madinah ketika Nabi Muhammad berhijrah dari Mekkah ke kota ini. Nabi Muhammad meninggal dan dimakamkan di kota ini. Setelah meninggalnya Nabi Muhammad, perjuangannya diteruskan oleh beberapa sahabatnya.

Masa ini dikenal dengan masa Khulafaur Rasyidin, pemimpinnya disebut dengan khalifah. Ada tiga khalifah yang memerintah kota ini yaitu Abu Bakar, Umar Bin Khattab, dan Utsman Bin Affan. Sedangkan, pada masa Ali Bin Abi Thalib pemerintahan dipindahkan ke Kufah, Irak karena adanya masalah politik akibat terbunuhnya khalifah Utsman.

Selanjutnya, pada masa Bani Umayah pemerintahan berpindah ke Damaskus. Pada masa Bani Abassiyah berpindah ke Baghdad. Meskipun terus berpindah tempat, tetapi tetap Madinah adalah kota suci bagi kaum Muslimin.

Selain dikenal sebagai pusat perkembangan Islam, kota ini juga merupakan pusat pendidikan Islam. Terdapat banyak ulama maupun cendekiawan Islam yang menonjol berasal dari kota ini dan salah satunya adalah Imam Malik. Bukan hanya itu, di kota ini juga terdapat beberapa perguruan tinggi Islam.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: